Minggu, 21 April 2024

PENGARAHAN DARI TIM BAWAS MARI

PENGARAHAN DARI TIM BAWAS MARI

     Dalam rangka pemberdayaan perangkat Peradilan Militer dibidang pemberian pelayanan kepada masyarakat serta meningkatkan kenerja Peradilan Militer , pada hari Selasa tanggal 25 Februari 2014, Pengadilan Militer III-13 Madiun telah dilihat langsung oleh Tim Bawas MARI yang terdiri 5 orang dan sebagai ketua Tim adalah Samsudin, SH., MH. Selaku Anggota Pemeriksa Letkol Chk Waluyo, SH., MH. Bertindak sebagai Sekretaris adalah Drs. Imron Rosadi, Auditor Letty Puspito Sari, SE. AK, Staf pemeriksa Dhina Sari Anggraeni, SH.

8

     Tim Bawas MARI yang di Ketuai oleh Samsudin, SH., MH untuk hari pertama Selasa tanggal 25 Februari 2014, mengadakan pengamatan dibidang kesekretariatan Pengadilan Militer III-13 Madiun, serta sejauh mana  pelayanan publik kepada masyarakat Madiun dan sekitarnya khususnya para pencari keadilan, hal ini sangat penting untuk tecapainya good governence, dan diharapkan setelah diamati dan diarahkan oleh Tim bawas Pengadilan Militer III-13 Madiun akan selalu meningkatkan pelayanan secara maksimal. Hal ini sangat ditekankan oleh Tim Bawas, bahkan pelayaan publik sekecil apapun termasuk kebersihan MCK /kamar kecil tidak luput dari pengamatan Tim bawas tersebut, termasuk untuk hari kedua melihat langsung jalannya persidangan serta mengamati sejauh mana intregritas para hakim dalam melaksanakan tugas yang di embannnya.

  9

     Menurut Kepala Pengadilan Militer III-13 Madiun Letkol Chk James F. Vandersloot, SH., MH.,  yang baru bertugas di Madiun sejak dilantik pada tanggal  27 September 2013,  pengawasan dari Tim Bawas ini akan sangat bermanfaat bagi keluarga besar Pengadilan Militer III-13 Madiun, karena dengan adanya pengamatan langsung dan pengarahan dari Tim Bawas MARI , tentunya akan  bisa memperbaiki kinerja sehari-hari, yang tentunya akan berdampak positif tentang kepercayaan masyarakat terhadap keberadaan peradilan Militer, sebagaimana pesan Kadilmil III-13 Madiun kepada seluruh Anggota “jadikanlah kantor Pengadilan Militer III-13 Madiun ini sebagai rumah kedua, setelah rumah anda“,menjaga kebersihan lingkungan,  sehingga terdapat kesan yang positif terhadap Pengadilan Militer, tentunya akan menambah kepercayaan masyarakat kepada badan peradilan. Dengan pemberian pelayanan yang lebih baik akan mewujudkan Peradilan yang berwibawa sesuai dengan Visi Misi Pengadilan Militer III-13 Madiun.

 10

     Pada saat pengarahan tersebut, Tim Bawas memberikan kesempatan kepada para Anggota Dilmil III-13 untuk mengajukan saran pendapat, dan pada saat itu pula Bendahara Dilmil III-13 Madiun Gatot Suprapto mengucapkan terimakasih kepada Tim Bawas MARI, karena dengan kedatangan Tim Bawas Bendahara akan lebih maksimal lagi dalam melaksanakan tugas sebagai Bendahara. Meskipun pada saat itu Auditor Letty Puspito Sari, SE.AK mengatakan bahwa Keuangan Dilmil III-13 Madiun sudah berjalan baik sebagaimana prosedur.

11 12

     Pada sesion terakhir yaitu penandatangan hasil pemeriksaan Tim Bawas terhadap Pengadilan Militer III-13 Madiun dilanjutkan dengan penyerahan berkas pemeriksaan oleh Ketua Tim Bawas kepada Kadilmil III-13 Madiun.