Friday 29th of March 2024

Inovasi Unggulan Pengadilan Militer III-13 Madiun

Inovasi Unggulan Pengadilan Militer III-13 Madiun

Aplikasi Mobile MMC

Aplikasi Mobile MMC, dimana didalamnya terdapat seluruh informasi terkini Pengadilan Militer III-13 Madiun, beserta link ke semua sosial media Pengadilan Militer III-13 Madiun. Tak hanya itu, didalam aplikasi ini juga terdapat form untuk kepengurusan Surat Keterangan Tidak Pernah Dipidana yang dapat diakses oleh publik secara online, yang mana sebelumnya pihak yang membutuhkan surat ini harus datang ke kantor Pengadilan Militer III-13 Madiun.

Aplikasi Mobile MMC, dimana didalamnya terdapat seluruh informasi terkini Pengadilan Militer III-13 Madiun, beserta link ke semua sosial media Pengadilan Militer III-13 Madiun. Tak hanya itu, didalam aplikasi ini juga terdapat form untuk kepengurusan Surat Keterangan Tidak Pernah Dipidana yang dapat diakses oleh publik secara online, yang mana sebelumnya pihak yang membutuhkan surat ini harus datang ke kantor Pengadilan Militer III-13 Madiun.

 

e-SIDANGKU

e-SIDANGKU adalah sebuah inovasi dari Pengadilan Militer III-13 Madiun yang berupa aplikasi untuk para pihak berperkara dalam memperoleh informasi terkait persidangan yang tengah mereka jalani secara mudah, efektif, dan efisien. Aplikasi ini dapat diunduh oleh pemilik Ponsel berbasis Android di Google Play Store. Didalamnya terdapat menu Jadwal Persidangan, Status Perkara, Dakwaan, Pengaduan, dan Unduh Salinan Putusan. Terdapat pula fitur pengingat untuk memastikan agar para pihak berperkara tidak lupa akan jadwal persidangan yang akan mereka jalani.

SISTEM INFORMASI ANNOUNCEMENT PERSIDANGAN (SIAP)

Aplikasi SIAP dirancang oleh tim IT Dilmil III-13 Madiun sebagai bentuk penyelesaian masalah yang ditemukan di lapangan. Sebelumnya, Provost kesulitan untuk melakukan koordinasi dengan Panitera terkait agenda persidangan mana yang lebih didahulukan, karena tidak ada media untuk melakukan monitoring tamu persidangan yang telah hadir. Untuk itu, tim IT berinisiatif untuk membuat sebuah aplikasi, yang data-datanya bersumber dari SIPP dan etamil, yang kemudian akan memunculkan data tamu persidangan secara komplit dan real-time. Selain itu, didalam aplikasi juga terdapat tombol ‘Panggil’ untuk tamu persidangan yang sudah lengkap. Tombol ini begitu di klik akan terkoneksi dengan sound system yang ada di area kantor, jadi para tamu persidangan bisa mempersiapkan diri di ruang sidang. Aplikasi SIAP bisa dilihat secara transparan baik oleh masyarakat pencari keadilan dan tamu persidangan yang hadir di Pengadilan Militer III-13 Madiun sehingga para pencari keadilan mengetahui atas kesiapan pelaksanaan persidangan.

PUBLIC SERVICE

Area ini disediakan untuk Masyarakat Pencari Keadilan dan para tamu persidangan untuk melepas penat dan dahaga ketika menunggu jalannya proses persidangan yang sedang berlangsung. Tersedia air mineral, kopi, teh dan snack yang dapat dinikmati oleh para tamu persidangan yang disediakan gratis oleh kantor, yang dana nya berasal dari sumbangan sukarela para anggota Pengadilan Militer III-13 Madiun. Hal ini merupakan wujud nyata Pengadilan Militer III-13 Madiun dalam mempertahankan Predikat WBBM (Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani).

RUANG TUNGGU TERBUKA

Ruang tunggu terbuka ini disediakan agar para tamu persidangan dan masyarakat pencari keadilan tidak bosan menunggu didalam ruang tunggu yang tersedia didalam kantor. Dengan pemandangan yang asri, dilengkapi dengan fasilitas yang nyaman dan lengkap seperti ketersediaan Wifi khusus untuk tamu, colokan charger hingga semir sepatu gratis, diharapkan dapat membuat para pengunjung nyaman ketika berada di lingkungan Pengadilan Militer III-13 Madiun.

SEMIR SEPATU GRATIS

Inovasi ini dihadirkan sebagai salah satu upaya Pengadilan Militer III-13 Madiun dalam mencapai pelayanan yang prima untuk para pencari keadilan.

INOVASI DIGITALISASI PENYERAPAN ANGGARAN

Inovasi ini dihadirkan demi membantu rekan-rekan kita para difabel untuk lebih memahami tentang Penyerapan Anggaran pada Dilmil III-13 Madiun, dan juga untuk mendigitalisasi laporan ini agar dapat dimuat di seluruh media sosial Dilmil III-13 Madiun.

INOVASI LAYANAN KHUSUS INFORMASI DIGITAL WHATSAPP BOT PADA WEBSITE DAN SOSIAL MEDIA

Terdapat chat yang terhubung langsung dengan bot, yang akan menjawab pertanyaan yang sering diajukan oleh publik, seperti informasi data perkara, jadwal sidang, permohonan surat keterangan tidak pernah dipidana, pengaduan, permohonan layanan khusus (bagi kaum rentan dan disabilitas), dan pusat layanan informasi.

TIKET ANTRIAN TAMU ELEKTRONIK DI PTSP PENGADILAN MILITER III-13 MADIUN

Untuk tertibnya pelayanan, maka digunakan sistem antrian secara elektronik berupa aplikasi antrian tamu, dimana tamu akan dibagi sesuai dengan jenis layanan nya, yang kemudian nantinya akan dipanggil oleh petugas PTSP, sehingga proses antrian tamu dapat berjalan dengan lancar dan tertib.